::-webkit-scrollbar { height:12px; width: 12px; background: #66ccFF; } ::-webkit-scrollbar-thumb { background-color: #FFcc66; -moz-border-radius: 10px; border-radius: 10px; }
Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Tujuan Hidup Adalah Ibadah

Ya, Assalamualaikum.
Alhamdulillah, segala puji bagi Allah yang telah melimpahkan rahmat dan nikmatNya pada umat manusia.
Kali ini, ane posting tentang tujuan hidup manusia.  Mengapa dibahas? Karena penting bagi kita tahu apa tujuan hidup yang sebenarnya itu. Tidak hanya sekedar diciptakan lalu hidup, tapi kita punya kewajiban-kewajiban dalam kehidupan.
Hidup adalah sarana mencari bekal di akhirat nanti, guys. Lalu apa sih tujuan hidup kita sebagai manusia?
Allah SWT sudah berfirman dalam surat Adz-Zariat ayat 56 yang artinya :
“Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar beribadah kepadaKu”
Nah, jadi sudah jelas kan kalau tujuan semua makhluk di Bumi ini adalah untuk beribadah kepada Allah. Kenapa sih, kita harus punya tujuan? Karena manusia merupakan makhluk yang paling sempurna, yang disertakan akal dan fisiknya yang sempurna pula. Agar manusia percaya diri dalam menjalani atau menyikapi kehidupan, manusia butuh tujuan. Tujuan juga sebagai pegangan hidup kita.
Jadi kalau sudah begitu, segala aktivitas kita harus dilandasi dengan niat ibadah. Tentu saja kegiatannya harus yang positif kayak pergi ke sekolah karena Allah, menuntut ilmu di manapun karena Allah, atau bekerja karena Allah. Jangan pergi karokean karena Allah, itu buahayaaa bro. Bukan pahala, yang ada malah jadi celaka.
Karena tujuan kita diciptakan adalah untuk beribadah, maka sebaiknya kita gunakan waktu kita di dunia ini untuk beribadah kepada Allah semata. Kenapa? Agar tidak ada penyesalan di kemudian hari. Jangan tunggu sampai nanti. Jangan mentang-mentang masih muda. Kita kan gak tahu umur kita sampai kapan habisnya. Yang meninggal muda aja banyak. Jadi jangan tunggu sampai nanti.
Bentuk ibadah itu ada dua. Yang pertama adalah ibadah Mahdah, dan yang kedua adalah ibadah Gaira Mahdah. Apasih? Ibadah Mahdah adalah ibadah yang hubungannya antara Allah dan manusia. Contohnya seperti shalat, berdoa, haji, dan puasa. Kalau ibadah Gaira Mahdah adalah ibadah yang hubungannya antara manusia dengan manusia. Contohnya seperti muamalat dan persaksian. Nah, tujuan dari ibadah mahdah adalah untuk menambah keislaman, keimanan, dan keselamatan kita di akhirat yang secara langsung menghubungkan kita dengan Allah SWT. Sedangkan ibadah gaira mahdah adalah untuk memperoleh kesejahteraan atau pun keselamatan di dunia dengan tetap berpegang teguh pada Allah walau caranya tidak langsung terhubung dengan Allah, melainkan lewat sesama manusia.
Sobat, karena tujuan kita diciptakan adalah beribadah pada Allah, tidak baik kalau kita gunakan hidup ini sebagai sarana berhura-hura. Hidup ini singkat, sesingkat merambatnya cahaya. Bahkan kita tidak tahu apa yang akan terjadi satu menit kemudian. Hidup penuh misteri, sob. Maka dari itu penting untuk kita mengetahui tujuan kita sendiri.
Lah, itu kan buat muslim. Kalau yang nonmuslim itu tujuannya apa?
Coba lihat lagi surat Adz-Zariyat ayat 56 di atas. Allah menciptakan manusia untuk beribadah kepadanya. Sekarang, yang disebut nonmuslim apakah itu bukan manusia? Manusia kan? Allah memerintahkan seluruh jin dan manusia untuk beribadah tanpa kecuali. Lalu mengapa umat nonmuslin tidak tahu?
Jika kita lirik lagi sejarah beberapa abad ke belakang, orang yahudi mengetahui apa tujuan mereka semua diciptakan. Dalam Al-Qur’an juga sudah dijelaskan bahwa mereka mengetahui bahkan mengiyakan. Hanya saja mereka adalah orang yahudi yang benar-benar jahil (bodoh) yang menyembunyikan kebenaran dan menggantikannya dengan kepercayaan mereka. Gak percaya? Lihat nih surat Al-Baqarah ayat 39 yang artinya :
Adapun orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami , mereka itu penghuni neraka. Mereka kekal di dalamnya”.
Dan surat Al-Baqarah ayat 63-64 yang artinya :
Dan (ingatkah) ketika Kami mengambil janji kamu dan Kami angkat gunung (sinai) di atasmu (seraya berfirman); Pegang teguhlah kepada apa yang telah Kami berikan kepadamu dan ingatlah apa yang ada di dalamnya, agar kamu bertaqwa. Kemudian setelah itu kamu berpaling. Maka sekiranya bukan karena karunia Allah dan rahmatNya kepadamu, pasti kamu termasuk orang-orang yang rugi”.
Dengan berdustanya kaum Bani Israil, mereka telah menciptakan generasi-generasi yang bahkan mempercayai tipu dayanya. Mereka sudah mengubah susunan dan persepsi Islam yang hingga saat ini mereka gunakan. Astaghfirullah..
Lalu orang-orang yang zalim mengganti perintah dengan (perintah lain) yang tidak diperintahkan kepada mereka. Maka Kami Turunkan malapetaka dari langit kepada orang-orang yang zalim itu, karena mereka selalu berbuat fasik” (Q.S Al-Baqarah : 59)
Alhamdulillah kita sudah terlahir dalam keadaan Islam dan semoga saja tujuan kita juga sesuai dengan apa yang telah Islam katakan.
Jika umat nonmuslim itu terlahir dengan status yahudi karena keturunan, maka sungguh yang berdosa adalah golongan tertuanya beserta dirinya sendiri. Lho, kok beserta dirinya sendiri? Ya. Karena setelah usianya menginjak dewasa, ia tidak mencari dan mengkaji mana yang seharusnya ia anut. Bukankah setelah dewasa berarti ia sudah mulai bisa membedakan yang benar dan salah? Untuk apa dong diciptakan ilmu? Untuk apa diciptakan teknologi kalau sampai saat ini masih belum mengerti mana pegangan hidup yang sebenarnya paling benar.
Sekali lagi, dunia bukan tempat untuk ajang pamer harta, kekuasaan, atau sarana hura-hura. Gunakan dunia sebagai sarana beribadah. Karena memang itulah fungsi dunia yang sesungguhnya. Ibarat sebuah toilet yang digunakan untuk bernyanyi. Salah tempat, kan? Dimana-mana, toilet itu tempat mandi, mencuci, dan buang hadas. Bukan untuk bernyanyi. Begitu pula dunia. Bukan tempat untuk berhura-hura. Jangan salah gunakan dunia, guys.
Jika memang dunia ini sudah tidak berbatas, artinya tidak ada batas lagi antara benar dan salah, kuatkan terus iman kita. Terus pegang tujuan kita untuk beribadah agar kita tetap selamat dunia dan akhirat.
Semoga bermanfaat, aamin ^^

Wassalamualaikum :)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar